Thursday, September 21, 2017

BAB I KERAJINAN SERAT



Indonesia merupakan negara yang memiliki aneka ragam suku bangsa, sumber daya alam, dan budaya. Tingginya keanekaragaman suku, budaya dan sumber daya alam Indonesia telah memberi keuntungan kepada bangsa Indonesia. Oleh sebab itu, kita harus bersyukur kepada Tuhan yang Maha Esa kareta telah diberi kekayaan itu.
A.    Pengertian Serat Alam
Bahan serat adalah suatu jenis bahan berupa potongan-potongan komponen yang membentuk jaringan memanjang yang utuh. Serat juga digunakan sebagai bahan baku tekstil. Serat sebagai bahan baku tekstil adalah serat-serat yang digunakan untuk aplikasi tekstil. Serat merupakan bahan baku yang digunakan dalam pembuatan benang dan kain.
B.     Jenis dan Karakteristik Bahan Serat 
Bahan serat alam berasal dari alam. Bahan serat alam dapat digolongkan menjadi tiga jenis, yangitu yang berasal dari tumbuan, hewan dan mineral.
1.     Serat dari tumbuhan
 
Serat yang digunakan sebagai bahan baku tekstil memiliki persyaratan. Diantaranya adalah  kuat, tahan lama, bentuknya tetap, permukaan yang halus ataupun bertekstur sesuai persyaratan produk.
Serat yang berasal dari tumbuhan dapat diklasifikasikan menjadi empat sebagai berikut:
a.     Serat dari Biji
Contohnya adalah biji dari pohon kapas dan kapuk.


b.     Serat dari batang
Contohnya adalah batang pohon anggrek, melinjo, mahkota dewa, beringin, yonkori, rosella, dan lain-lain
c.      Serat dari daun
Contohnya dalah serat daut mendong, daun nanas, daun pandan berduri, daun enceng gondok, daun abaka, dan lain-lain
d.     Serat dari Buah
Contohnya adalah buah kelapa yang memiliki sabut yang melapisinya. Sabut buah kelapa memiliki banyak manfaat.
 
2.     Serat dari Hewan
Serat yang berasal dari hewan memiliki tekstur yang lembut dan halus. Bagian hewan yang dimafaatkan seratnya dalah bulu. Bulu hewan yang paling banyak diolah sebagai bahan baku serat produk tekstil diantaranya stapel dan filamen.
a.     Serat dari stapel
Stapel merupakan serat yang berbentuk rambut hewan yang disebut wol. Contohnya dari bulu domba, alpaca, unta, mohair, kelinci, dan lain-lain. Dan yang paling banyak digunakan adalah wol dari bulu domba.
b.     Serat dari filamen
Filamen merupakan serat yang berbentuk jaringan. Contohnya adalah serat yang berasal dari larva ulat sutera yang digunakan untuk membentuk kepompong.
 
            Bahan tekstil dari kapas memiliki beberapa karakteristik seperti bahan terasa dingin dan sedikit kaku, mudah kusut, mudah menyerap keringat rentan terhadap jamur, dan mudah terbakar.
Sementara serat sutra mempunyai ciri-ciri berkilau, sangat bagus dan lembut, tidak mudah kusut, sangat halus, kekuatannya tinggi, tahan terhadap sinar matahari, daya serap cukup tinggi, tidak mudah berjamur, mudah terbakar, berbau seperti rambut terbakar, bekas pembakaran berbentuk abu hitam, bulat serta mudah dihancurkan.
Serat wol mempunyai ciri-ciri agak kuat, tidak berkilau, keriting, kekenyalan tinggi, elastis tinggi, dan merupakan penahan panas yang baik, tahan terhadap jamur dan bakteri.
 
C.    Pengolahan Bahan Serat
1.     Pemintalan Benang (Spinning)
Proses dimana kapas dipintal menjadi benang.
2.     Penggulungan Benang
3.     Pencelupan warna
4.     Penenunan Benang Menjadi Kain
 
D.    Proses Produksi Kerajinan Bahan Serat
Teknik dasar kerajinan tekstil adalah segala cara yang digunakan untuk membentuk atau mengolah bahan tekstil. Adapun teknik yang digunakan sangat beragam.
1.     Menenun
2.     Menjahit adalah menyambung kain dan bahan-bahan lain menggunakan benang dan jarum
3.     Mengikat
 
E.     Produk dan Proses Kerajinan Bahan Serat
Adapun syarat-syarat perancangan benda kerajinan sebagai berikut:
1.     Kegunaan (Utility)
Benda kerajinan harus dapat digunakan sesuai fungsi dan kebutuhan.
2.     Kenyamanan (Comfortable)
Benda kerajinan harus menyenangkan dan memberi kenyamanan bagi pemakainya.
3.     Keluwesan (Flexibility)
Benda kerajinan harus memiliki keserasian antara bentuk dan wujud benda dengan nilai gunanya.
4.     Keamanan (Safety)
Benda kerajinan tidak boleh membahayakan pemakainya.
5.     Keindahan (Aestetic)
Benda kerajinan harus mempunya daya tarik lebih.
 
F.     Kemasan Produk Kerajinan Bahan Serat
Kemasan adalah penyajian sebuah produk kerajinan. Dilihat dari fungsinya, kemasan memiliki empat fungsi utama yaitu:
1.     Menjual produk
2.     Melindungi produk
3.     Memudahkan penggunaan produk
4.     Memperindah penampilan produk.

29 comments:

  1. Bisa dishare rpp prakarya kelas 7 gan?

    ReplyDelete
  2. Ini adalah Bpk. Benjamin yang menghubungi rincian Email, lfdsloans@outlook.com. / lfdsloans@lemeridianfds.com Atau Whatsapp 1 989-394-3740 yang membantu saya dengan pinjaman 90.000,00 Euro untuk memulai bisnis saya dan saya sangat bersyukur, sangat sulit bagi saya di sini untuk mencoba membuat hal-hal sebagai ibu tunggal tidak mudah dengan saya tetapi dengan bantuan Le_Meridian memberikan senyum di wajah saya ketika saya melihat bisnis saya tumbuh lebih kuat dan berkembang juga. Saya tahu Anda mungkin terkejut mengapa saya meletakkan hal-hal seperti ini di sini tetapi saya benar-benar harus mengucapkan terima kasih jadi siapa pun yang mencari bantuan keuangan atau melalui kesulitan dengan bisnis yang ada atau ingin memulai proyek bisnis dapat melihat hal ini dan memiliki harapan untuk keluar dari kesulitan..Terima Kasih.

    ReplyDelete
  3. Ini adalah Bpk. Benjamin yang menghubungi rincian Email, lfdsloans@outlook.com. / lfdsloans@lemeridianfds.com Atau Whatsapp 1 989-394-3740 yang membantu saya dengan pinjaman 90.000,00 Euro untuk memulai bisnis saya dan saya sangat bersyukur, sangat sulit bagi saya di sini untuk mencoba membuat hal-hal sebagai ibu tunggal tidak mudah dengan saya tetapi dengan bantuan Le_Meridian memberikan senyum di wajah saya ketika saya melihat bisnis saya tumbuh lebih kuat dan berkembang juga. Saya tahu Anda mungkin terkejut mengapa saya meletakkan hal-hal seperti ini di sini tetapi saya benar-benar harus mengucapkan terima kasih jadi siapa pun yang mencari bantuan keuangan atau melalui kesulitan dengan bisnis yang ada atau ingin memulai proyek bisnis dapat melihat hal ini dan memiliki harapan untuk keluar dari kesulitan..Terima Kasih.

    ReplyDelete
  4. Ini belajarnya hanya mencatat ayo gmna buk,kurang paham terus klo soal jga nga ada soalnya mo kirimnya jga gmna

    ReplyDelete
  5. Gak ada soal cuma disuruh merangkum

    ReplyDelete
  6. Itu yg 2 soal di kerjakan di buku catatan prakariya ya bu

    ReplyDelete
  7. pusing bgt foto nya burem😭😭

    ReplyDelete