Monday, October 9, 2017

BAB III TEKNOLOGI KONSTRUKSI MINIATUR RUMAH




A.    Mengenal Istilah Teknologi

1.     Pengertian dan Perkembangan Teknologi

Menurut kamus Bahasa Indonesia kata teknologi mengandung arti (1) metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis; ilmu terapan; (2) keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Jadi teknologi merukapan ilmu pengetahuan terapan untuk mewujudkan kenyamanan dan kemudahan hidup manusia. Teknologi yang ada saat ini merupakan hasil dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

2.     Jenis-jenis Teknologi

a.     Teknologi Peralatan Rumah Tangga

Merupakan teknologi yang digunakan untuk membantu kegiatan rumah tangga. Contohnya lampu, jam dinding, mesin cuci, mesin penghisap debu, kompor, kipas angin, dan pemotong rumput.

b.     Teknologi Produksi

Merupakan teknologi yang digunakan untuk memproduksi atau menghasilkan suatu barang. Contohnya mesin traktoem mesin pemintal benang, mesin penggiling padi, dan mesin pemotong kayu.

c.      Teknologi Transportasi

Merupakan teknologi yang digunakan untuk berpindah tempat. Contohnya sepeda motor, kereta api, mobil, kapal laut, dan pesawat terbang.

d.     Teknologi Komunikasi

Merupakan teknologi yang digunakan untuk saling bertukar informasi atau pesan. Contohnya radio, televisi, telepon, dan internet.

e.     Teknologi Konstruksi

Merupakan teknologi yang digunakan untuk membangun sarana maupun prasarana. Hasil dari teknologi konstruksi biasanya berbentuk rumah, jembatan, jalan dan rel kereta api.

B.     Teknologi Konstruksi

1.     Perkembangan Teknologi Konstruksi

Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan, manusia mulai memanfaatkan apa yang ada di alam seperti batu, tanah dan kayu sebagai bahan untuk membuat infrastruktur dan bangunan.

2.     Jenis-jenis Proyek Konstruksi

Pekerjaan proyek konstruksi terbagi menjadi empat jenis:

a.     Proyek Konstruksi Bangunan Perumahan atau Pemukiman (Residential Construction)

Mencakup proyek pembangunan tempat tinggal seperti rumah, perumahan, villa, ataupun apartemen.

b.     Proyek Konstruksi Bangunan Gedung (Building Construction)

Merupakan tipe pekerjaan atau proyek yang banyak dilakukan, karena menekan pada pertimbangan konstruksi dan teknologi yang praktis.

c.      Proyek Konstruksi Teknik Sipil (Heavy Engineering Construction)

Proyek ini merupakan proses penambahan infrastruktur pada lingkungan terbangun. Contohnya pengerjaan proyek pembangkit listrik, proyek jalan raya, proyek jalan kereta api, proyek bendungan, dan proyek pertambangan.

d.     Proyek Konstruksi Bangunan Industri (Industrial Construction)

Pemilik proyek ini biasanya suatu perusahaan atau industri besar contohnya perusahaan minyak, perusahaan farmasi,  dan perusahaan kimia.

3.     Fungsi Teknologi Konstruksi

Salah satu bentuk hasil akhir konstruksi yaitu tempat tinggal. Tempat tinggal berfungsi sebagai tempat berlindung manusia dari segala cuaca.

C.    Membuat Produk Konstruksi Miniatur Rumah

1.     Mengenal Bagian-bagian Dasar Rumah

a.     Bagian bawah/dasar

Bagian terletak di bawah atau disebut juga lantai.

b.     Bagian tengah/Ruangan Rumah

Terdari dari dinding, pintu, jendela, dan ruang/ kamar.

c.      Bagian Atas/Penutup Rumah

Fungsinya untuk melindungi ruang yang ada di bawahnya, menahan radiasi panas berlebih, melindungi dari hujan dan menghambat pergerakan angin yang biasanya membawa debu.

2.     Alat dan bahan yang dapat digunakan

a.     Alat

1)     Penggaris untuk mengukur panjang suatu benda

2)     Gunting untuk memotong bahan yang tipis

3)     Cutter

4)     Kuas

b.     Bahan

1)     Styrofoam

2)     Korek Api

3)     Stik Es Krim

4)     Kardus

5)     Triplek

6)     Perekat/Lem

15 comments:

  1. Ini adalah Bpk. Benjamin yang menghubungi rincian Email, lfdsloans@outlook.com. / lfdsloans@lemeridianfds.com Atau Whatsapp 1 989-394-3740 yang membantu saya dengan pinjaman 90.000,00 Euro untuk memulai bisnis saya dan saya sangat bersyukur, sangat sulit bagi saya di sini untuk mencoba membuat hal-hal sebagai ibu tunggal tidak mudah dengan saya tetapi dengan bantuan Le_Meridian memberikan senyum di wajah saya ketika saya melihat bisnis saya tumbuh lebih kuat dan berkembang juga. Saya tahu Anda mungkin terkejut mengapa saya meletakkan hal-hal seperti ini di sini tetapi saya benar-benar harus mengucapkan terima kasih jadi siapa pun yang mencari bantuan keuangan atau melalui kesulitan dengan bisnis yang ada atau ingin memulai proyek bisnis dapat melihat hal ini dan memiliki harapan untuk keluar dari kesulitan..Terima Kasih.

    ReplyDelete
  2. Ini ringkasan kak aku mau nanya

    ReplyDelete
  3. Terima kasih ringkasanya sangat membantu

    ReplyDelete