Wednesday, January 24, 2018

BAB III Budi Daya Tanaman Obat



Tanaman obat merupakan tanaman yang dapat digunakan untuk mengobati suatu penyakit atau memelihara kesehatan. Tananman obat yang ditanam di pekarangan rumah biasanya disebut apotek hidup atau TOGA (Tanaman Obat Keluarga). Apotek hidup dan TOGA merupakan kegiatan budi daya tanaman obat-obatan dengan memanfaatkan halaman atau pekarangan. Tanaman tersebut biasanya digunakan untuk keperluan sehari-hari.

Berikut beberapa deskripsi tanaman obat yang ada di sekitarmu :

1.     Temu lawak

Temu lawak (Curcuma xanthorrhiza) mempunyai nama daerah, diantaranya koneng gede (Sunda) dan temu lobak (Madura). Tanaman ini merupakan tanaman tahunan yang tumbuh merumpun. Tanaman ini lebih cocok dibudidayakan di dataran sedang. Secara alami, temu lawak tumbuh dengan baik di lahn yang teduh dan terlindung dari teriknya sinar matahari. Perakaran temu lawak dapat beradaptasi dengan baik pada berbagai jenis tanah berkapur, berpasir, agak berpasir, maupun tanah yang liat. Temu lawak biasanya dimanfaatkan untuk obat penambah nafsu makan pada anak-anak, anemia, antikolesterol, anti oksidan, dan antimikroba.

2.     Akar Wangi

Akar wangi (Vetiveria zizanioides) dapat tumbuh di dataran beriklim tropis dan subtropis. Budidaya akar wangi biasanya dengan metode memperbanyak biji atau dengan cara memisahkan anak rumpun dan memecah anak tinggal yang sudah merumpun. Manfaat dari akar wangi untuk kesehatan adalah sebagai anti septik, sama halnya dengan daun beluntas.

3.     Sirih

Sirih (Piper betle) merupakan tanaman terna, tumbuh menjalar atau merambat menyerupai tanaman lada. Sirih dapat tumbuh di daerah tropis. Sirih dapat diperbanyak dengan cara stek batang. Daun sirih pada umumnya bermanfaat untuk menahan darah, menyembuhkan luka kulit (eksim), obat saluran pencernaan, menguatkan gigi, dan membersihkan tenggorokan.

4.     Jeruk Nipis

Jeruk Nipis (Citrus aurantifolia) biasanya tumbuh dengan baik di daerah dataran rendah yang banyak terkena sinar matahari. Tanaman ini banyak ditanam di pekarangan rumah dan di kebun. Buah jeruk nipis bermanfaat untuk meningkatkan kinerja pencernaan, menghambat penuaan, menurunkan berat badan, mengobati batuk, mengobati deman dan flu, mengobati ambeien, menyembuhkan amandel, dan mengobati batu ginjal.

5.     Mahkota Dewa

Mahkota dewa (Phaleria macrocarpa) merupakan tanaman asli Indonesia yang termasuk ke dalam jenis tanaman perdu yang dapat tumbuh subur di tanah gembur dan subur. Mahkota dewa bermanfaan untuk melancarkan peredaran darah, mengurangi kandungan kolesterol, sebagai antioksidan, antialergi, dan sebagainya.

6.     Patah Tulang

Tanaman patah tulang (Euphorbia tirucalli) berasal dari afrika. Tanaman ini menyukai tempat yang terkena sinar matahari langsung. Tanaman ini memiliki ranting bulat silindris, daunnya jarang, kecil dan terletak pada ujung ranting yang masih muda.

Patah tulang biasanya digunakan sebgai tanaman pagar, tanaman hias, atau tumbuh liar. Hampir seluruh bagian tanaman patah tulang dapt digunakan sebagai obat. Akar dan rantingnya dapat mengobati penyakit lambung, rematik, dan nyeri syaraf. Bagian batang kayu dapat digunakan debagai obat penyakit kulit, sakit gigi, dan radang telinga. Getahnya dapat mengobati sakit gigi, tetapi jika terkena mata, dapat menyebabkan kebutaan. Cabang dan rantingnya jika dibakar dapat mengusir nyamuk.

 

24 comments:

  1. Ini adalah Bpk. Benjamin yang menghubungi rincian Email, lfdsloans@outlook.com. / lfdsloans@lemeridianfds.com Atau Whatsapp 1 989-394-3740 yang membantu saya dengan pinjaman 90.000,00 Euro untuk memulai bisnis saya dan saya sangat bersyukur, sangat sulit bagi saya di sini untuk mencoba membuat hal-hal sebagai ibu tunggal tidak mudah dengan saya tetapi dengan bantuan Le_Meridian memberikan senyum di wajah saya ketika saya melihat bisnis saya tumbuh lebih kuat dan berkembang juga. Saya tahu Anda mungkin terkejut mengapa saya meletakkan hal-hal seperti ini di sini tetapi saya benar-benar harus mengucapkan terima kasih jadi siapa pun yang mencari bantuan keuangan atau melalui kesulitan dengan bisnis yang ada atau ingin memulai proyek bisnis dapat melihat hal ini dan memiliki harapan untuk keluar dari kesulitan..Terima Kasih.

    ReplyDelete
  2. Nama: afrizal nur setiawan
    Kelas:7c
    No absen 2

    ReplyDelete
  3. Nama:Aisyah nur santi
    Kelas:7c
    No absen:05

    ReplyDelete
  4. NAMA:ALYA PUTRI SUGIYANTI
    KELAS:7C
    NO.ABSEN:07

    ReplyDelete
  5. NAMA : EMA NUR FADILA
    KELAS : 7A
    NO.ABSEN:09

    ReplyDelete
  6. NAMA: MAESYI SITI AISYAH
    KELAS: 7B
    ABSEN: 21

    ReplyDelete
  7. Nama: satiya nur wahyu
    Kelas:7c
    No absen:26

    ReplyDelete
  8. Nama:Alifah nurul aprianti
    Kelas:7C
    Absen:06

    ReplyDelete
  9. Nama : Rasya Sekar Aolia
    Kelas: 7c
    Absen: 20

    ReplyDelete
  10. Nama : RISZANTO
    Kelas : 7B
    No Absen : 27

    ReplyDelete
  11. Nama :ELSA DAMAYANTI
    Kelas :7C
    No.absen:13

    ReplyDelete
  12. Nama:PUTRI INDRIYANI WIDIYASARI
    Kelas:7B
    No.absen:23

    ReplyDelete
  13. NAMA:PUTRI INDRIYANI WIDIYASARI
    KELAS:7B
    NO.ABSEN:23

    ReplyDelete
  14. Nama : deva yuni yanti
    Kelas : 7b
    No absen : 13

    ReplyDelete
  15. Nama : deva yuni yanti
    Kelas : 7b
    No absen : 13

    ReplyDelete
  16. Nama:dwi febriyanti
    Kls:7c
    No absen:11

    ReplyDelete
  17. Nama: Ibrahimovic Dewa Priyanto
    No absen. 14
    Kelas. 7A

    ReplyDelete
  18. Amela nur saparinaa
    Klss 7d
    No absen 01

    ReplyDelete
  19. The titanium alloy - Stone Age
    and we have created the titanium alloy in titanium necklace mens India. gold titanium alloy It is used by almost all black titanium the Indian high ford edge titanium 2021 street betting shops as well as microtouch titanium the

    ReplyDelete